Selasa, 21 November 2023

Optik

Nama:Alfiandy Ernanda Pratama

NIM:230102141

Prodi:Teknik Mesin Reg B

Tanggal Publikasi 21 November 

Pengertian Optik: Jenis-jenis, Fungsi, dan Contohnya

Ilustrasi pengertian optik, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian optik, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
optik adalah suatu alat yang bekerja dengan prinsip cahaya. Alat optik memudahkan hidup manusia dalam melihat atau mengabadikan segala sesuatu. Melalui alat optic, kamu bisa menikmati keindahan alam, mengabadikan momen-momen terbaik, dan memperjelas objek-objek kecil.
Optik merupakan cabang fisika yang membahas tentang sifat dan interaksi cahaya dengan menggunakan materi. Sifat optik ditandai dengan sifat cahaya tampak, sinar inframerah dan ultraviolet.

Jenis-jenis Alat Optik dan Fungsinya

Berikut adalah jenis-jenis alat optik beserta fungsi yang ada di dalamnya:
1. Mata
Mata adalah salah satu organ tubuh yang berperan sebagai indera penglihatan. Mata dapat menangkap perubahan cahaya. Dan perubahan spektrum cahaya membuat mata dapat melihat warna.
Memhutip buku Pocket Book SMA/MA Fisika (2020), mata bekerja dengan cara menerima, memfokuskan, dan mentransmisikan cahaya melalui lensa mata, sehingga menghasilkan bayangan objek yang ditangkap retina mata. Bayangan objek tersebut selanjutnya dikirm ke otak melalui untuk diolah menjadi gambar yang dapat dilihat secara nyata.
2. Kacamata
Kacamata adalah alat optik yang berfungsi untuk membantu orang yang mempunyai kelainan cacat mata agar dapat melihat secara jelas. Ada kacamata yang menggunakan lensa cembung dan ada juga yang lensa cekung. Penggunaan kacamata disesuaikan dengan jenis cacat matanya.
3. Kamera
Kamera adalah alat yang berfungsi untuk menghasilkan foto. Cara kerja kamera hampir sama dengan mata kita, yakni dengan memfokuskan cahaya yang masuk menggunakan lensa dan selanjutnya ditangkap oleh sensor pada kamera..
4. Mikroskop
Ilustrasi pengertian optik, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian optik, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
Pengertian optik mikroskop yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengamati objek-objek yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata biasa. Cara kerja mikroskop yaitu dengan memperbesar bayangan hingga tampak lebih jelas dan besar dari aslinya.

5. Teropong
Teropong adalah alat optik yang dimanfaatkan untuk mengamati berbagai benda yang berada jauh dari jangkauan, sehingga dapat terlihat lebih jelas. Teropong terdiri dari dua jenis yaitu teropong bintang dan teropong bumi.
Teropong bintang digunakan untuk mengamati benda-benda angkasa, sedangkan teropong bumi untuk mengamati benda-benda di bumi.
Itulah pengertian optik lengkap dengan jenis-jenis beserta fungsi yang dimilikinya. Berbagai alat optik tersebut memudahkan manusia dalam melakukan pengamatan, khususnya yang menggunakan indera penglihatan.

1.Lensa Cembung

Lensa cembung bermanfaat dalam melakukan pembiasan cahaya yang datang sampai bayangan dapat terbentuk jadi sebuah bayangan yang tampak nyata, diperkecil dan terbalik.

2.Diafragma

Diafragma mempunyai kegunaan dalam melakukan pengaturan cahaya yang datang lewat lensa.

3.Aperture

Aperture berguna dalam melakukan pengaturan kecil besarnya diafragma.

4.Pelat film

Manfaat pelat film adalah sebagai wadah memproduksi gambar negatif dan wadah bayangan

B.Lup

Contoh berikutnya yang dipergunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari dari alat optik adalah kaca pembesar atau lup. Lup sering juga disebut kaca pembesar yang bermanfaat dalam memperbesar tampilan gambar. Alat optik ini sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia terutama dalam segi pembesaran objek-objek benda yang kecil.

Misalkan dalam perbaikan jam tangan yang komponennya sangat kecil sehingga dapat dilihat lebih jelas menggunakan lup. Begitu juga sering digunakan oleh para detektif atau pihak kepolisian dalam melihat sidik jari  atau jejak manusia dalam tindakan kejahatan dan lain sebagainya.

Kaca pembesar terbentuk dari lensa cembung sehingga dapat memperbesar objek benda yang kecil menjadi besar. Adapun kegunaan dari lup atau kaca pembesar untuk menyaksikan barang-barang yang sangat kecil menjadi tampak lebih jelas dan besar. Hal tersebut tentu memudahkan pekerjaan manusia. Seperti tukang jam tangan dalam bidang reparasi arloji dan komponen kecil.

Berikut ini contoh lainnya bidang pekerjaan yang menggunakan kaca pembesar atau lup yakni detektif, polisi, pedagang intan, pedagang kain dan jenis profesi lainnya.  Adapun karakteristik dari bayangan yang diperoleh lewat lup adalah diperbesar, tegak dan maya.

D.Teropong Bintang

Alat berikutnya dari jenis optik adalah teleskop atau teropong bintang. Alat ini sering dipakai manusia untuk keperluan penelitian terhadap objek-objek benda langit. Yang mencakup planet, bintang, bulan, meteor dll. Teropong bintang terbagi dua yakni teropong bintang bias dan teropong bintang pantul.

Demikianlah beberapa contoh  perwakilan alat optik buatan manusia yang sangat populer. Itu merupakan benda optik buatan manusia yang diciptakan dengan berbagai macam fungsi dan tujuannya. Ini alat optik adalah buatan manusia yang berbeda dengan alat optik alami. Benda ini bekerja berdasarkan prinsip pemantulan, pembiasan dan penerimaan cahaya.

Alat Optik Alami

Sedangkan alat optik alami yaitu mata. Mata adalah salah satu panca indera manusia yang dipergunakan untuk melihat suatu benda fisik di depan. Mata merupakan sebuah alat optik yang dimiliki oleh manusia secara gratis yang paling mutakhir selama ini ditemukan di dunia.

Mata merupakan bentuk karunia dan bukti kasih sayang Tuhan kepada manusia. Dengannya manusia bisa melihat benda-benda di sekitarnya secara fisik. Dengan mata, manusia dapat melihat keindahan alam semesta. Seperti sungai, gunung, bulan, dan lain sebagainya. Dengan mata, manusia bisa melihat barang-barang yang ada di sekitarnya dan mengamati setiap teman dan kawannya.

Dengan kehilangan mata maka manusia tidak akan bisa melihat.Ia akan kehilangan daya melihatnya. Saking pentingnya mata maka untuk khusus dalam melayani kesehatan mata berdirilah rumah sakit khusus mata yakni Rumah Sakit Mata Cicendo di Bandung.

Dengan mempunyai mata akan banyak manfaat yang diperoleh oleh manusia terutama dalam menjalankan aktifitas manusia sehari-hari secara baik. Seperti dalam mengerjakan pekerjaan kantor sehari-hari atau menjalani bisnis dan usaha. Tanpa memiliki mata yang baik maka manusia akan mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan di dunia.

Dengan memiliki mata yang normal maka dunia terlihat terang dengan jelas dan penuh warna warni. Sebaliknya tanpa mata atau yang disebut buta atau tunanetra akan menjadikan dunia gelap.

Apakah Mata Termasuk Alat Optik?

Salah satu hal yang sering dipertanyakan banyak orang adalah apakah mata termasuk alat optik? Pada dasarnya organ mata adalah alat optik yang paling canggih di dunia.  Mata adalah organ panca indera yang penting sekali bagi manusia dalam melihat. Tanpa adanya mata maka manusia tidak bisa melihat keindahan dunia.

Di dalam organ mata mengandung lensa mata yang diperuntukkan dalam penerimaan cahaya dari pantulan barang-barang hingga bisa menyaksikan objek barang.  Pada waktu kondisi gelap maka organ mata tak bisa menyaksikan barang-barang yang berada di sekitarnya. Dikarenakan tak terdapat cahaya yang datang menuju mata.

apakah mata termasuk alat optik

Mata merupakan salah satu bentuk kekuasaan dari Allah SWT. Kenikmatan manusia yang diperoleh lewat mata sungguh sangat besar dan tidak akan terhitung.  Banyak sekali kenikmatan yang diperoleh hanya dari mata saja, belum lagi dari  telinga, hidung, lidah, kulit dan lain sebagainya. Sehingga pantaslah manusia dituntut untuk selalu bersyukur kepada Tuhan.

Organ mata pun terdiri dari berbagai komponen yang membentuknya menjadi sistem yang canggih. Bagian dari mata, antara lain saraf mata, bintik buta,bintik kuning, vitreous humour, retina,lensa mata, otot akomodasi, aquaeus humour, iris, pupil, dan kornea.

Apa Gunanya Optik?

Tahukah Anda apa gunanya optik? Ada banyak alat optik yang ada di dunia ini. Salah satunya lup. Alat optik lup berguna untuk memperbesar benda-benda kecil menjadi besar. Hal ini tentu saja berguna bagi berbagai jenis profesi dalam melaksanakan pekerjaannya.

Misalkan dalam memperbaiki arloji yang komponennya kecil hingga bisa diperbaiki dengan melihat bagian komponen yang rusak dengan lebih leluasa karena gambar jadi tambah besar.

Benda berikutnya yang merupakan alat optik adalah mikroskop yang berguna dalam melihat benda-benda yang sangat kecil hingga tampak besar. Mikroskop banyak dipergunakan dalam dunia kedokteran untuk melakukan penelitian di laboratorium.  Misalkan dalam pengamatan terhadap berbagai virus dan bakteri yang ukurannya sangat kecil.

Berikutnya adalah alat optik kamera. Kamera berguna untuk mengabadikan momen penting bersejarah hingga abadi sampai lama. Kamera mampu menangkap objek gambar dengan sangat jelas dan menyerupai bentuk aslinya. Alat optik lainnya adalah periskop, teleskop, lensa dan cermin.

Tahukah Anda apa gunanya optik? Berikut ini beberapa manfaat atau kegunaan alat optik secara umum.

1.Melihat benda-benda kecil dan jauh

Alat optik adalah untuk melihat benda-benda kecil di darat maupun udara hingga di lautan sehingga tampak lebih jelas dan besar. Misalkan penggunaan teropong dalam melihat benda langit hingga tampak lebih jelas dan besar. Kemudian ada juga periskop untuk melihat benda-benda di lautan. Tentu saja semua itu membantu pekerjaan dan kebutuhan manusia.

2.Mengabadikan peristiwa penting

Kegunaan alat optik adalah juga untuk mengabadikan suatu momen atau peristiwa yang penting. Hingga menjadi sebuah dokumen sejarah. Hal ini biasanya dilakukan oleh para wartawan fotografi. Sedangkan bagi kalangan individu dalam mengabadikan momen penting seperti ulang tahun, pesta pernikahan atau sedang berwisata dan lain-lain bisa menggunakan alat optik kamera biasa yang terdapat di ponsel.

Kesimpulan

Optik adalah suatu cabang disiplin ilmu fisika yang mendeskripsikan tentang tindakan, hubungan dan karakteristik cahaya pada materi. Sehingga lahirlah alat optik. Alat optik itu sendiri mempunyai cara kerja atas kaidah dan karakteristik cahaya.

apa gunanya optik

Adapun tujuan pembuatan alat optik adalah membantu manusia dalam menjalani kehidupan secara lebih berarti dan gampang. Dengan demikian, manusia bisa menikmati panorama keindahan alam dunia dan segala isinya.

Alat optik adalah juga berfungsi dalam mengabadikan momen-momen penting tertentu yang paling indah pada bentuk  foto. Fungsi lainnya adalah dapat menjadikan satu helai rambut dapat tampak dalam ukuran sebesar kaki dan banyak fungsi dan kegunaan menarik dari alat optik.

Sifat-sifat & Pemantulan Cahaya pada Cermin Cembung

bimbel sbmptn, les intensif utbk, bimbel supercamp snbt, karantina snbt, les sbmptn, bimbel jaminan masuk ptn, supercamp snbt, intensif simak ui, privat sbmptn, privat simak ui, karantina utbk, les privat sbmptn, bimbel supercamp, supercamp ui, bimbel lulus sbmptn, les intensif snbt, bimbel masuk ptn, les utbk, les privat simak ui, les privat utbk, bimbel alumni ui, karantina ui, bimbel utbk, bimbel ui, bimbel kedokteran ui, bimbel intensif sbmptn 2023, bimbel simak ui terbaik, bimbel terbaik untuk sbmptn, bimbel masuk kedokteran ui, bimbel karantina, bimbel masuk ui, bimbel karantina kedokteran, bimbel simak ui, bimbel ptn, les privat snbt, bimbel karantina ui, intensif utbk, les simak ui, les snbt, bimbel fk, les kedokteran, bimbel kedokteran, bimbel snbt, persiapan simak ui
Sumber : Freepik

Cermin cembung adalah jenis cermin di mana permukaannya melengkung ke luar. Ini menciptakan refleksi yang terdistorsi dan memungkinkan cahaya untuk berkumpul di titik tertentu yang disebut “titik fokus” atau “fokus cermin”. Bentuk melengkung cermin cembung dapat berupa bentuk setengah bola atau bentuk melengkung lainnya. Titik fokus terletak di belakang cermin, di sisi yang berlawanan dengan sumber cahaya.

Pemantulan Cahaya pada Cermin Cembung

Saat cahaya jatuh pada permukaan cermin cembung, terjadi pemantulan yang khas. Peristiwa ini melibatkan pembiasan cahaya saat mencapai permukaan melengkung cermin cembung. Cahaya yang datang dari berbagai sudut akan dipantulkan kembali dan bertemu di titik fokus di belakang cermin. Dalam hal ini, cahaya dari objek yang dilihat melalui cermin cembung tampak diperbesar, terbalik, dan terdistorsi.

Sifat-sifat ini mempengaruhi interaksi cahaya dengannya

1. Perpatahan Cahaya:

Salah satu sifat utama dari cermin cembung adalah kemampuannya untuk memfokuskan cahaya yang datang padanya. Ketika sinar cahaya yang paralel memasuki cermin cembung, mereka akan dibiaskan dan berkumpul pada satu titik fokus yang disebut fokus utama cermin. Ini berbeda dari cermin cekung, di mana cahaya dibiaskan menjauhi fokus utama.

2. Pembesaran Gambar:

Cermin cembung juga dikenal karena kemampuannya menghasilkan gambar yang lebih besar daripada ukuran objek aslinya. Ini membuat cermin cembung menjadi komponen penting dalam perangkat optik seperti kacamata pembesar dan teleskop reflektor.

3. Bidang Pandang Lebar:

Salah satu aplikasi utama cermin cembung adalah dalam kaca spion kendaraan. Bentuk cembungnya memungkinkan pengemudi untuk memiliki bidang pandang yang lebih lebar dibandingkan dengan cermin datar. Namun, perlu diingat bahwa gambar yang dihasilkan oleh cermin cembung bisa terdistorsi dan membuat jarak tampak lebih pendek dari yang sebenarnya.

4. Pembentukan Gambar Virtual:

Cermin cembung juga memiliki sifat untuk membentuk gambar virtual, yang berarti gambar yang terbentuk tidak bisa ditangkap di layar atau permukaan. Contohnya adalah cermin hias di taman bermain yang sering kali memanfaatkan efek ini untuk menciptakan tampilan yang menarik.

Soal Pilihan Ganda

bimbel sbmptn, les intensif utbk, bimbel supercamp snbt, karantina snbt, les sbmptn, bimbel jaminan masuk ptn, supercamp snbt, intensif simak ui, privat sbmptn, privat simak ui, karantina utbk, les privat sbmptn, bimbel supercamp, supercamp ui, bimbel lulus sbmptn, les intensif snbt, bimbel masuk ptn, les utbk, les privat simak ui, les privat utbk, bimbel alumni ui, karantina ui, bimbel utbk, bimbel ui, bimbel kedokteran ui, bimbel intensif sbmptn 2023, bimbel simak ui terbaik, bimbel terbaik untuk sbmptn, bimbel masuk kedokteran ui, bimbel karantina, bimbel masuk ui, bimbel karantina kedokteran, bimbel simak ui, bimbel ptn, les privat snbt, bimbel karantina ui, intensif utbk, les simak ui, les snbt, bimbel fk, les kedokteran, bimbel kedokteran, bimbel snbt, persiapan simak ui
Sumber : Freepik

1. Apa fungsi dari lensa konvergen dalam alat optik?

A) Membuat objek terlihat lebih kecil.

B) Membuat objek terlihat lebih besar.

C) Membuat objek terlihat terbalik.

D) Membuat objek terlihat lebih tajam.

 

2. Cahaya yang melewati prisma akan mengalami proses apa?

A) Pemantulan.

B) Pemantulan total.

C) Bias.

D) Pembiasan.

 

3. Mikroskop digunakan untuk:

A) Melihat benda yang sangat jauh.

B) Melihat benda yang sangat kecil.

C) Memancarkan cahaya terang.

D) Mengukur panjang gelombang cahaya.

 

4. Bagaimana cara kerja teleskop reflektor?

A) Menggunakan lensa konvergen untuk memperbesar objek.

B) Menggunakan cermin konvergen untuk memperbesar objek.

C) Menggunakan lensa cembung untuk memperkecil objek.

D) Menggunakan cermin cembung untuk memperkecil objek.

 

5. Kenapa lensa cembung dapat menghasilkan bayangan yang lebih kecil dari objek aslinya?

A) Karena lensa cembung memantulkan cahaya.

B) Karena lensa cembung memiliki indeks bias yang tinggi.

C) Karena lensa cembung memiliki permukaan datar.

D) Karena lensa cembung mereduksi jumlah cahaya yang melewati.

 

Pembahasan:

1. Jawaban: b) 

Membuat objek terlihat lebih besar. Lensa konvergen memiliki bentuk yang memungkinkannya untuk membungkukan cahaya yang lewat sehingga cahaya dari objek yang jauh akan divergen dan membentuk bayangan yang lebih besar.

2. Jawaban: c) 

Cahaya yang melewati prisma mengalami pembiasan karena indeks bias cahaya berbeda-beda sesuai dengan panjang gelombangnya, sehingga cahaya terpecah menjadi spektrum warna.

3. Jawaban: b) 

Melihat benda yang sangat kecil. Mikroskop digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

4. Jawaban: b)

Menggunakan cermin konvergen untuk memperbesar objek. Teleskop reflektor menggunakan cermin konvergen (juga dikenal sebagai cermin parabolik) untuk memperbesar dan mengumpulkan cahaya dari objek yang sangat jauh.

5. Jawaban: d)

Karena lensa cembung mereduksi jumlah cahaya yang melewati. Lensa cembung dapat menghasilkan bayangan yang lebih kecil karena cahaya dari objek akan lebih terfokus dan lebih sedikit yang tersebar setelah melewati lensa.

Refrensi

BUKU FISIKA 
DAN
https://supercampalumniui.com/alat-alat-optik-contoh-soal-pembahasannya-fisika-kelas-11-sma/

SEKIAN DAN TERIMAKASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Optik

Nama:Alfiandy Ernanda Pratama NIM:230102141 Prodi:Teknik Mesin Reg B Tanggal Publikasi 21 November  Pengertian Optik: Jenis-jenis, Fungsi, d...